Rabu, 03 Desember 2014

Kucing dan lele


Om svastyastu

CERITANYA, ada kolam lele di sebelah rumah saya. Yah kolamnya kecil sih, tingginya ngga sampe 1 meter. Kalo lagi jarang hujan, air di kolamnya ngga banyak-banyak amat. Tapi kalo pas lagi hujan, bisa hampir penuh kolamnya.
Nah, di sekitar rumah tuh ada kucing, kucing yang suka beredar di deket kolam. Mungkin ngincer lelenya. Kaya kebanyakan kucing lainnya, kucing ini ngga mau nyemplung ke kolam demi nangkep ikannya. Tapi si kucing ini jadi penunggu setia pinggir kolam, hampir setiap hari. Dan saya yang liat pun ngebiarin aja.
Kemaren hujan cukup deras, air di kolamnya jadi naik banyak, hampir penuh. Dan seperti biasa, paginya ada si kucing setia penunggu kolam.
Saya lagi di dalam rumah. Tiba-tiba dari luar rumah kedengeran suara berisik berisik dari arah kolam. Dan saya keluar rumah, tau tau si kucing udah ‘nyengir’ ngeliatin saya, dengan seekor ikan lele di mulutnya, he.
Saya kejar kucingnya, dia kabur cepet banget, manjat pager, naik genteng. Selamat. Makan enak si kucing.
***
Cerita garingnya sampe situ aja yak. Rezeki, adalah salah satu hal yang sudah ditetapkan oleh Tuhan Yang Maha Esa untuk setiap makhluknya. Setiap makhluknya, termasuk kucing tadi. Ga akan tertukar dengan yang lain.
Kalau dilihat, selamanya ikan lele akan aman di dalem air, karena kucing ngga akan berani masuk ke air. Tapi si kucing nggak menyerah, dia tetep setia nunggu, karena mungkin dia merhatiin, kadang airnya tinggi, kadang airnya rendah, dan suatu saat bisa ada kesempatan untuk dapet ikannya.

Dan akhirnya benar saja, usahanya  terbayarkan, seekor ikan segar untuk sarapan pagi. Rezeki yang tidak akan tertukar dengan yang lain. Pun begitu dengan kita manusia, setiap bagiannya sudah ditetapkan. Tinggal bagaimana kita cara menjemputnya ke sana. Usaha. Itulah yang kita lakukan.
Tidak perlu banyak pusing bila memang usaha terbaik sudah dilakukan, do’a sudah dipanjatkan, kita akan mendapatkan apa yang memang menjadi bagian kita.

“Duh, gue kerja sekian lama ngga kaya kaya nih.”
Bisa jadi rezeki atas usaha kita bukan dalam bentuk kekayaan. Tetapi badan yang selalu sehat. Sehingga tidak perlu biaya untuk berobat. Atau banyaknya bantuan dari tetangga saat kita kesulitan. Dan bentuk kemudahan lainnya.
Jangan terlupa untuk menyertakan sabar. Sesabar kucing yang mengamati setiap pagi, hingga akhirnya dapat ikan juga. Rezeki yang tertetapkan untuk kita, tinggal bagaimana kita menyertakan kesabaran dalam setiap usaha kita.
 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar