Minggu, 23 November 2014

Hindu

Om swastiastu,
Hindu mengajarkan kasih terhadap semua ciptaan tuhan dalam hal ini terhadap lingkungan melalui konsep ”memanusiakan alam dan lingkungan”. Konsep yg indah inilah sering mendapat cemohan dari pihak lain, dikatakan menyembah batu, menyembah kayu dll. Padahal konsep ini sangat mendasar sekali, oleh karena itulah bagi kita umat hindu harus bangga, sebab jika lingkungan kita terpelihara maka kita akan selalu bahagia dan menjalani hidup ini dengan damai.
Hindu diajarkan tatacara menyayangi lingkungan yg diwujudkan dalam sebuah upacara untuk mencintai tumbuhan sebab peran tumbuhan sangat besar terhadap kehidupan manusia. Jika tak ada tumbuhan, apakah manusia bisa hidup? Bagi mereka yg menghina hindu berarti dia tidak punya ajaran seperti itu.
Memang setiap prosesi diakhiri dngan persembahan, terkai dengan sembahyang pada waktu menyembah tumbuh tumbuhan itu bukan menyembah benda(kayunya) kita menyembah tuhan dengan segala manifestasinya, dan berterima kasih atas segala kemakmuran beliau.
Bila masih belom mampu mengimplementasikan ajaran yg indah itu kedalam kehidupan sehari hari kita terjadilah bencana. Banjir itu karena peran manusia yg merusak dan menyakiti lingkungan, maka akibatnya kita yg menerima dan merasakannya, banyak lagi hari suci upacara untuk menuntun kesadaran kita akan makna hidup ini, seprti; bermakna menyayangi binatang, dan lain sebagainya.
Saya bangga menjadi umat hindu yg selalu diingatkan untuk mencintai alam dan lingkungan,
Om santih, santih, santih om





Tidak ada komentar:

Posting Komentar