Sabtu, 06 Desember 2014

Makanan super











 rujak tibah dari Bali


Noni/pace/mengkudu/tibah
Noni  buah yang dikenal berbau tidak sedap ini sempat populer sebagai anti-kanker di Indonesia beberapa waktu lalu. Masyarakat Indonesia biasa mengkonsumsi buah noni dengan cara dijus sedangka orang bali menjadikannya rujak . Noni mengandung senyawa anti-radang, anti-bakteri, anti-jamur, dan bahkan anti-tumor. Noni juga bermanfaat untuk menyembuhkan luka bakar, yaitu dengan cara dioleskan. Sebagian orang tidak suka dengan bau tak sedap buah ini. Untuk mengakalinya, Anda bisa mengambil sedikit sari buah noni dan mencampurnya dengan jus buah lain yang Anda suka.







Krokot
Krokot memang dikenal sebagai gulma/tanaman hias. Namun ternyata kandungan omega-3 dalam krokot jauh lebih banyak dibandingkan minyak ikan. Omega-3 bermanfaat untuk mencegah penyakit degeneratif seperti penyakit jantung dan stroke. Selain itu, krokot diketahui bisa menjadi obat pereda demam, disentri, cacingan, dan sakit kepala. Bagi vegetarian, krokot bisa digunakan sebagai pengganti salmon untuk mendapatkan asupan omega-3. Selain omega-3, krokot juga mengandung pektin yang mampu menurunkan kolesterol, vitamin C, vitamin E, magnesium, dan riboflavin. Sama seperti noni, masyarakat Indonesia juga mengkonsumsi krokot dengan mengambil sarinya atau dengan dijus. Anda juga bisa mencampurkan krokot pada salad atau bisa ditumis untuk menjadi pendamping lauk. Masyarakat India biasa mengknsumsi krokot dengan mencampurkannya ke dalam sup atau kari.



Nangka
Satu lagi superfood yang tidak kita duga. Orang Indonesia tentu sangat mengenal buah ini. Baunya yang harum dan rasanya yang manis sangat populer baik ketika dimakan segar ataupun sebagai campuran dalam es, puding, maupun kue. Nangka muda juga banyak dijadikan sayur di berbagai daerah, seperti gudeg, lodeh, gulai nangka padang, dan sayur nangka. Beberapa masyarakat juga mengkonsumsi biji nangka dengan cara dikukus. Nangka mengandung banyak energi namun rendah kalori, memiliki kandungan serat yang tinggi, potasium, magnesium, dan zat besi. Namun yang paling tinggi adalah kandungan vitaminnya. Nangka mengandung vitamin A, vitamin C, dan kaya akan vitamin B kompleks. Jarang sekali ada buah yang mengandung banyak vitamin ini. Bijinya juga kaya akan kandungan protein dan mineral.


Sirsak/srikaya jawa/graviola
Baru-baru ini masyarakat Indonesia diramaikan dengan khasiat daun sirsak untuk terapi kanker.  Konon khasiat anti-kanker sirsak sebenarnya sudah diketahui sejak 1970-an, namun fakta tersebut disembunyikan dari publik dan baru terkuak akhir-akhir ini. Sirsak memang memiliki banyak khasiat. Buah berasa asam segar ini mengandung banyak serat, asam amino, vitamin C, zat besi, riboflavin, kalsium, thiamin, karbohidrat, dan niasin. Selain sebagai anti-kanker dan mengurangi efek samping akibat kemoterapi, kandungan dalam sirsak juga bermanfaat meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah sembelit, dan mempercepat regenerasi sel.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar