Minggu, 20 Juli 2014

gaji



Tentang Gaji Di Negeri Kanguru.
Di negeri ini, gaji dibayarkan tiap dua minggu sekali. Dasar perhitungannya adalah jam-jaman per minggu. Ada kerjaan yang rate gajinya $20 per jam, seperti gaji pelayan restoran. Ada juga yg $3.000 per jam, seperti rate gaji pengacara kondang,
Selain itu, dasar perhitungan rate gaji sektor pemerintahan adalah mirip dng dasar perhitungan rata gaji sektor swasta, dng catatan bhw pekerjaan di sektor swasta dianggap lebih muiia, krn menghasilkan PDRB, sedangkan pegawai pemerintahan makan dari PDRB.
Krn itu, hari gajian adalah sama dan tdk memperdulikan hari libur. Kalau tanggal gajian jatuhnya hari minggu atau hari natal, ia tetap dibayarkan. Tdk pakek nunggu sampe besok.
Ini yg penting. Krn dasar perhitungan gaji adalah jam-jaman per minggu, dan dibayarkan dua minggu sekali (forthnight) , dan satu tahun adalah 52 minggu, maka orang sini gajiannya 26 forthnight) atau 13 bulan se tahun.
Gaji bulan ke tiga belas adalah gaji forthnight yg ke 26. Krn itu, ia bukan hadiah. Tapi hak.
Disini, gaji bulan ke 13 adalah hadiah. Krn dasar perhitungan gaji adalah bulanan. Dan gaji bulan ke tiga belas akan dibagikan tgl 26 Juli, katanya.
Selalu hari kerja. Kalau tgl jatuh tempo gajian adalah hari libur, gajinya pasti mundur sehari. Qiqiqi.
Ohhhh gaji.

 Teringat cerita seorang kawan, yang beli properti berupa tanah di Perth. Lalu dibangunlah ruko atau semacam itu. Dia bilang, dengan tujuh pekerja, pembangunan selesai dalam tiga bulan. Kalau di negeri ini mungkin yang kerja bisa empat puluh dan selesai dalam waktu setahun. Etos kerja.


 Hehe itulah bedanya sebagian besar bangsa kita yg bangga jd parasit negara, hanya baca2 koran tapi dibayar.. Pemekaran wilayah jadi alasan tuk minta tambahan biaya dan beban pemerintah pusat buat gaji pejabat baru, proyek baru sementara produktivitas diabaikan..


Kita baru bergegas utk menetapkan SOP lengkap dng unit cost per item pekerjaan. Ini terutama berlaku di sektor pemerintahan. Di sektor swasta sdh lebih dulu dikerjakan.


 Di pemerintahan kabupaten kota saya agak pesimis pak Kedai O'onk selama Bupati Walikota masih penentu pemangku jabatan.. SOP dan kinerja masih nomor belakang..



Suka gak suka, semua akan melakukannya pak. Krn sektor swasta berubah, pemerintahan hrs mengikutinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar