Selasa, 05 Agustus 2014

Dewi Gangga

Rumah SEMESTA :

" Guru...sebelum kisah Mahabarata ini berlanjut, ijinkan aku bertanya, mengenai sikap Dewi Gangga yang berkali-kali membuang bayinya yang baru lahir ke sungai Gangga. Apabila pada kehidupan di jaman sekarang ini ada seorang ibu berperilaku seperti itu, sudah barang tentu yang bersangkutan akan berhadapan dengan aparat penegak hukum?"

“Nak… Dewi Gangga yang lahir di tepi sungai Gangga dan dipermaisuri Raja Sentanu lalu membuang anak-anaknya sebagai bagian dari pembersihan karma dari Jiwa ke-7 Wasu yang melanggar aturan di sorga, kecuali si pemimpin yang memang ditakdirkan batal mati dibuang karena akan menjadi Bhisma.

Hal ini sedang mengajarkan kita bahwa aliran sungai Karma itulah yang akan membebaskan Jiwa untuk kembali kepada kemurniannya. Maka siapa saja yang mengijinkan hidupnya mengalir dalam pelunasan hutang Karma, tanpa banyak mempertanyakan kenapa hal itu mesti dialaminya. (Seperti syarat yang diajukan Dewi Gangga pada Sentanu agar tidak mempertanyakan alasan ia membuang anak-anaknya)”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar