Jumat, 08 Agustus 2014

Pepes Herbal










Bumbu Herbal / Herbal Spices

Kelezatan yang menyehatkan rasanya tepat untuk menggambarkan produk bumbu masak bercampur herbal berkhasiat yang kami produksi dalam tiga varian produk. Yaitu :
1. SeasoNing
2. SoupNing
Digg





Rempah  Herbal

Tanaman Rempah Herbal banyak memiliki karakter khusus yang menjadikan tanaman tersebut dapat digunakan sebagai pewarna, perasa dan obat alami. Namun demikian, penanganan pada proses pengeringan yang kurang baik akan mengurangi khasiat dan kegunaan tanaman tersebut. Tidak heran jika kesalahan penanganan ini mengakibatkan bumbu atau herbal instan dianggap memiliki kualitas yang jauh berbeda dengan bahan segar-nya.
Teknologi telah berkembang, begitu juga dengan proses pengeringan rempah dan herbal yang dilakukan oleh PT. Ayam Goreng Fatmawati Indonesia. Teknologi pengeringan dengan metode pengaturan kelembaban dan pemanansan dengan suhu rendah (60 derajat Celcius) dapat mempertahankan warna, aroma, rasa bahkan esential oil yang mempunyai khasiat tertentu dari rempah-rempah & tanaman herbal tetap terjaga kandungannya.
Bagi kami, proses pengeringan bukan hanya semata menghilangkan air dari bahan segar, tetapi meningkatkan umur simpan dengan tetap menjaga karakter alami produk, termasuk khasiat yang dimiliki.


Bumbu pepes

Kemiri

Salah satu dari sekian banyak rempah yang berkhasiat yang dapat ditemukan diindonesia adalah kemiri atau Aleurites Mollucana, selain bisa menjadi bumbu masak kemiri yang termasuk dalam suku Euphorbiaceae dapat mengatasi berbagai masalah pencernaan seperti buang air besar berdarah dan diare.  

Lada

Hawa panas yang ditimbulkan tanaman dengan nama latin piper nigrum ini mampu membuat badan menjadi segar, oleh karena itulah banyak orang memanfaatkanya sebagai obat pendongkrak stamina pria ketika akan berhubungan suami istri. Lada atau merica juga banyak digunakan sebagai obat pengusir hawa dingin, biasanya dicampur pada kopi atau seduhan jahe. Minuman dengan campuran merica atau lada ini biasanya banyak digunakan didaerah yang berhawa dingin atau pegunungan. Sebagai obat asma, masuk angin dan diare cara meraciknya sangat sederhana. Cukup ambil satu sendok makan bubuk lada, kemudian seduh dengan dua gelas air panas. Aduk hingga rata dan biarkan sejenak sampai berubah menjadi hangat atau suam-suam kuku, minum obat ini dua kali sehari sampai penyakit asma, diare dan masuk angin mereda.

Lada hitam

Ternyata tak hanya bermanfaat sebagai bumbu masak, lada hitam  juga memiliki khasiat mengontrol lemak dalam darah. Piperin yang terkandung di dalamnya dapat memblokir pembentukan sel-sel lemak baru.



Pala

Buah Pala yang memiliki nama latin Myristica fragrans ini merupakan tumbuhan berupa pohon yang berasal dari kepulauan Banda, Maluku. Sejak masa Romawi dulu, buah dan biji pala menjadi komoditi perdagangan yang penting akibat nilainya yang tinggi sebagai rempah-rempah. Kandungan kimia terkandung dapat mengatasi sulit tidur( insomania), batuk berlendir, membantu pencernaan, menghilangkan kejang otot dll.




Asam

Manfaat asam jawa: Asma, Batuk, Demam, Sakit panas, Reumatik, Sakit perut, morbili; Alergi/biduren, Sariawan, Luka baru, Luka borok, Eksim, Bisul; Bengkak disengat lipan/lebah, Gigitan ular bisa, Rambut rontok.




Bawang putih

Manfaat Bawang Putih menjadi salah satu sahabat setiap hari. Bawang Putih merupakan rempah-rempah atau bumbu dalam masakan selain itu bawang putih sangat berperan penting dalam dunia kesehatan, karena sedah sejak dulu manusia menggunakan bawang putih sebagai bahan pengobatan.
Bawang merah

manfaat bawang merah untuk kesehatan seperti menyembuhkan beberapa penyakit yang mereka derita. Diantara manfaat bawang merah tersebut adalah menyembuhkan sakit kepala, melancarkan buang air besar, mengobati batuk, rambut rontok, hingga menyembuhkan luka akibat gigitan ular.




Ketumbar

Sebagai pembunuh bakteri dan mencegah keracunan makanan. Ketumbar atau dalam kuliner barat disebut coriander ini ampuh untuk membunuh 12 strain bakteri. Cairan yang mengandung kurang dari 1,6 persen dari minyak ketumbar cukup efektif untuk membunuh sel bakteri termasuk salmonela, E.colil, serta bakteri yang kebal terhadap antiobiotik. Minyak ketumbar bisa dipakai sebagai alternatif alami untuk antibiotik konvensional. Di masa depan ketumbar dalam obat klinis dalam bentuk losion, obat kumur, bahkan pil yang mampu mengatasi bakteri yang sudah resisten pada antibiotic.

Jeruk nipis

jeruk nipis sangat dianjurkan untuk mual, diare, dan terutama bagi mereka yang membutuhkan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan jus segar jeruk nipis memiliki kemampuan untuk mencegah aterosklerosis, memiliki
manfaat pada pankreas, hati dan darah, memfasilitasi arus. jeruk nipis, ketika itu benar-benar segar, baru dipetik, serta remineralisasi dan anti-anemia adalah aktivator yang baik dari pertahanan tubuh dan desinfektan yang sangat baik.




Jeruk purut

Sifat dan KhasiatDaun jeruk purut berkhasiat stimulant dan penyegar. Kulit buah berkhasiat stimulan, berbau khas aromatik, rasanya agak asin, kelat dan lama kelamaan agak pahit.
kandungan Kimia daun mengandung tanin 1,8%, steroid triterpenoid dan minyak asiri 1-1,5% v/b. Kulit buah mengandung saponin, tanin 1%, steroid triterpenoid dan minyak asiri yang mengandung sitrat 2-2,5% v/b.


Jahe

Jahe mempunyai rasa yang khas dan tajam yaitu rasa pedas karena mengandung senyawa keton bernama zingeron dan sebagai penghangat tubuh. Jahe merupakan salah satu senjata yang efektif dalam pengobatan kanker indung telur. Sebuah studi yang dilakukan di University of Michigan Comprehensive Cancer Center, seperti yang dikutip situs healthdiaries menemukan, tepung jahe efektif membunuh sel-sel kanker yang terdapat pada indung telur.

Kencur

Kandungan kimia yang terdapat di dalam rimpang kencur adalah pati (4,14%), mineral (13,73%), dan minyak astiri (0,02%) berupa sineol, asam metal kanil dan penta dekaan, asam cinnamic, ethyl aster, asam sinamic, borneol, kamphene, paraeumarin, asam anisic, alkaloid, dan gom. Kencur memiliki banyak manfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit seperti radang lambung, radang anak telinga, influenza pada bayi, masuk angin, sakit kepala, batuk, menghilangkan darah kotor, diare, memperlancar haid, mata pegal, keseleo, dan kelelahan.





Lengkuas

Lengkuas mengandung anti-inflamasi dan karena itu bermanfaat dalam pengobatan arthritis dan rheumatoid arthritis (radang sendi). Membantu meringankan ketidaknyamanan yang disebabkan karena peradangan pada perut atau bisul. Untuk mencegah mabuk laut dan mual, Anda dapat mengunyah beberapa iris lengkuas segar. Metode ini dipercaya dapat secara efektif menghentikan rasa ingin muntah. Lengkuas mengandung sejumlah anti-oksidan yang membantu meminimalkan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan racun lainnya dalam tubuh. Untuk meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh, Anda bisa memasukkan lengkuas dalam menu diet harian. Sirkulasi darah yang lancar pada akhirnya berkontribusi dalam menjaga jantung tetap sehat. Jika Anda menderita diare, kunyah beberapa iris lengkuas segar sebagai pengobatan alternatif. Lengkuas mengandung banyak senyawa penting yang dibutuhkan oleh manusia seperti zat besi, sodium, vitamin A dan C, flavonoid dan fitonutrien.

Kunyit

Kunyit merupakan salah satu obat herbal yang kaya khasiat, baik bagi kesehatan maupun kecantikan. Selain itu, kunyit juga digunakan untuk mengobati berbagai jenis penyakit.
Kunyit mengandung zat sebagai anti radang, antiseptik dan pencegah kanker. Sebagai zat antiradang, antiseptik dan pencegah kanker. Sebagai zat anti radang, kunyit berkhasiat untuk mengobati gatal-gatal pada kulit, kista bahkan kanker rahim.


Serai

Manfaat 
  1. Pada sistem saraf
    Minyak esensial yang dibuat menggunakan serai dapat digunakan untuk memperkuat dan meningkatkan fungsi sistem saraf. Karenanya minyak serai yang dioleskan ke permukaan tubuh memberikan efek menghangatkan, melemaskan otot dan meredakan kejang.
  2. Menurunkan tekanan darah
    Serai efektif dalam ngurangi tekanan darah, merangsang sirkulasi darah dan menghilangkan masalah tekanan darah. Konsumsi segelas jus serai untuk menurunkan hipertensi.
  3. Kulit indah
    Serai merupakan pilar dalam industri kosmetik. Manfaatnya antara lain mengurangi jerawat dan berfungsi sebagai penyegar. Minyak serai juga bisa dibalurkan ke seluruh tubuh untuk memberi efek menghangatkan.
Salam

Daun yang multi guna, bisa kita pakai dan gunakan untuk pengobatan tradisional. Melalui daun salam yang kaya akan zat, kita bisa mengobati berbagai macam penyakit. Misalnya saja bisa digunakan sebagai obat diare, sebagai obat kencing manis, obat asam urat, bahkan bisa juga menurunkan kadar kolesterol yang ada dalam tubuh kita. 





http://manfaattumbuhanbuah.blogspot.com/2013/09/khasiat-cabai-merah-untuk-kesehatan.html







Cabe Rawit
Di Malaysia dan Singapura  disebut dengan Cili padi.


1. Mengurangi resiko seseorang terkena kanker. Kandungan capsaicin pada cabe yang menimbulkan rasa pedas mampu membunuh sel kanker tanpa merusak sel normal apabila dikonsumsi secara rutin.
2. Memakan gorengan (mengandung Kolesterol) mereka memakan dengan tambahan cabe karena  di percaya cabe dapat mengurangi kolesterol, jadi di saat kolesterol kita menambah, saat itu juga kolesterol kita berkurang. Dengan memakan cabe maka akan membakar kalori. Kemampuan cabe dalam membakar kalori Sekitar 25% kalori dalam tubuh kita bisa terbakar dengan mengkonsumsi cabe.
 3. Cabe juga dapat meningkatkan nafsu makan seseorang. karena adanya zat capsaicin yang mampu merangsang produksi hormon endophrin.
4. Cabe dapat digunakan untuk mengatasi masalah ketidaksuburan, afrodiask, dan memperlambat penuaan, karenakan adanya kandungan zat antioksidan yaitu vitamin C dan betakaroten pada cabe.
5. Cabe juga bisa mengurangi resiko seseorang terserang stroke, penyumbatan pembuluh darah, impotensi, dan jantung koroner.

Manfaat Cabai Rawit bagi Kesehatan





 



 Kasiat ikan tuna

 Ikan tuna  terkenal  kaya  kandungan Omega  3,  vitamin, protein, dan mineral. Ikan Tuna juga dapat membantu menurunkan tekanan darah serta kolesterol dalam tubuh kita.

 Omega  3 adalah sejenis asam lemak esensial yakni lemak yang dibutuhkan untuk kesehatan tetapi tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh kita.

Daging ikan tuna terdiri dari dua bagian yaitu daging putih dan daging merah kurang lebih 1/6 bagian. Daging merah mempunyai kandungan mioglobin tinggi, yang diimbangi dengan banyaknya jaringan pengikat dan pembuluh darah, sementara daging putih mempunyai jenis-jenis protein yang berkualitas tinggi.

Kadar protein per 100 gram ikan tuna dan telur masing-masing 22 g dan 13 g.



 Kandungan iodium pada ikan tuna mencapai 28x kandungan iodium pada ikan air tawar. Selain itu, ikan tuna juga kaya akan selenium. Selenium punya peran  untuk mengaktifkan enzim antioksidan glutathione peroxidase yang dapat melindungi tubuh dari serangan radikal bebas penyebab berbagai jenis kanker.

Vitamin Ikan Tuna cukup banyak, seperti contohnya vitamin A, B6 dan Asam Folat. Vitamin A sangat baik untuk pemeliharaan sel epitel, meningkatkan imunitas, pertumbuhan, penglihatan, dan reproduksi pada tubuh. Kandungan vitamin B6 pada Ikan tuna sangat bagus karena mempunyai nutrient density yang cukup tinggi, yakni mencapai 6,7

Ikan tuna termasuk keluarga Scombroidea terkenal dengan kandungan asam amino bebas,  histidin yang tinggi. Pada saat penangkapan jika tidak ditangani dengan tepat maka histidin dalam daging ikan tuna akan diubah menjadi senyawa toksik yang disebut histamin. Dalam jumlah tertentu senyawa histamin dapat mengkibatkan keracunan scombroid dapat menyebabkan semacam alergi.

 Vitamin B6 bersama asam folat juga mampu menurunkan level homosistein.  Homostein tersebut sangat berbahaya bagi pembuluh arteri dan sangat potensial menyebabkan terjadinya penyakit pada jantung. Meskipun ikan tuna mengandung kolesterol, kadarnya yang cukup rendah dibandingkan dengan pangan hewani lainnya. Kadar kolesterol pada ikan tuna 38 sampai 45 mg per 100 gram daging. Ini menggambarkan bahwa Ikan Tuna cukup sehat dikonsumsi tubuh kita.

Tuna merupakan ikan berminyak, dan karena itu mengandung Vitamin D dalam jumlah yang tinggi. 

Ikan Tuna  Pencegah Stroke

Selain hal diatas tadi Manfaat dan Khasiat Ikan Tuna adalah pada Kandungan gizi yang tinggi membuat tuna sangat efektif untuk menyembuhkan berbagai penyakit, salah satunya sebagai makan pencegah stroke. Sebuah studi yang pernah dilakukan selama 15 tahun menunjukkan bahwa konsumsi ikan tuna 2-4 kali setiap minggu, dapat mengurangi 27 % akan resiko terjadinya penyakit sroke daripada yang hanya mengkonsumsi 1 kali dalam sebulan. Sedangkan Konsumsi 5 kali atau lebih dalam setiap minggunya dapat mengurangi penyakit stroke hingga 52 persen. Di lain hal, Konsumsi Ikan tuna 13x/bulan dapat mengurangi resiko tubuh dari stroke yang disebabkan oleh kurangnya aliran darah ke otak atau biasa disebut “ischemic stroke”.

http://olahanikantuna.com/manfaat-dan-khasiat-ikan-tuna/

Ikan tuna  sangat baik untuk penderita diabetes melitus tipe 2. Manfaat dan Khasiat Ikan Tuna ini disebabkan kandungan EPA (eicosapentaenoic acid) yang tinggi pada ikan tuna dapat menstimulasi hormon leptin, yaitu sebuah hormon yang membantu meregulasi asupan makanan. Dengan regulasi tersebut, tubuh akan terhindar dari konsumsi makanan secara berlebihan, penyebab obesitas.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar